Rabu, 31 Agustus 2016

BARU DI SEMARANG!!! DESA KONTEINER BAHARI BERPEMBANGKIT LISTRIK TENAGA OMBAK

BARU DI SEMARANG!!!
DESA KONTEINER BAHARI BERPEMBANGKIT LISTRIK TENAGA OMBAK

Kota Semarang adalah ibukota provinsi Jawa Tengah, yang mana termasuk di dalam kota metropolitan terbesar kelima setelah Jakarta, Surabaya, Bandung dan Medan. Luas wilayah Kota Semarang sendiri yakni 373.67 km2 dengan jumlah penduduk 1.767.086 jiwa.


Meskipun Semarang tercatat sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, namun jika kita berkunjung ke Semarang, masih banyak sekali kawasan-kawasan kumuh yang dapat mengurangi keindahan Kota Semarang, terutama di kawasan Semarang bawah yang berdekatan dengan laut dan rawan akan bencana banjir/rob.



Maka demi terbentuknya kota ATLAS (Aman, Tertib, Lancar, Asri, Sehat) sebagai semboyan kota Semarang maka inovasi daerah berupa pendirian Desa Konteiner Bahari dapat dilakukan, gunanya desa tersebut dapat dijadikan :
- Tempat Wisata Bahari di Semarang
- Mengurangi jumlah tunawisma di Semarang
- Menambah pendapatan daerah dengan terciptanya tempat wisata bahari tersebut
- Mengurangi penangguran
- Sebagai tempat transit bagi para nelayan

Berikut merupakan gambaran dari Desa Konteiner Bahari Berpembangkit Listrik Tenaga Ombak:

Tidak jauh dari namanya, Desa Konteiner Bahari ini adalah desa yang dibangun di tengah laut (± 1 km dari kawasan daratan) dengan rumah-rumah penduduk yang terbuat dari gerbong konteiner bekas yang sudah tidak terpakai. Kenapa harus gerbong konteiner? Karena selain kuat, anggaran pembuatan rumah konteiner ini tidaklah banyak dan tentunya dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung atau wisatawan dikarenakan keunikan yang disuguhkan.







Desa Konteiner Bahari sendiri akan dihubungkan dengan jembatan beton dengan bunga berwarna-warni disepanjang jembatan yang terhubung oleh daratan pusat, namun wisatawan tidak diperkenankan membawa kendaraan mereka melalui jembatan penghubung tersebut karena setelah memasuki kawasan wisata ini, pengunjung diwajibkan untuk menaiki becak atau sepeda yang siap membawa pengunjung ke Desa Kontainer Bahari, hal ini bertujuan agar eksistensi becak sebagai transportasi tradisional tetap terjaga, membantu perekonomian para penarik becak yang mulai kurang diminati dan agar pengunjung lebih menikmati pemandangan yang disuguhkan.
Menilik ke dalam Desa Konteiner, pengunjung langsung dapat memanjakan mata dengan rumah kontainer berwarna-warni yang berjajar maupun bertingkat. Disediakan pula tempat penginapan rumah kontainer atau kedai kuliner bagi para pengunjung yang ingin menikmati lezatnya tangkapan ikan segar dari para nelayan. Menariknya desa ini menggunakan tenaga ombak sebagai pembangkit listrik, yang mana tenaga ombak tadi dapat disimpan sebagai cadangan pembangkit listrik ataupun digunakan seketika itu juga. Waah .. Benar-benar kreatif ya..
Seperti gambar di atas, tak jauh dari Desa Kontainer Bahari, terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Selam yang dapat diakses menggunakan perahu wisata yang terparkir di dekat Desa Kontainer Bahari, namun sebelum ada menuju ke Pulau Selam, anda akan diombang-ambingkan menikmati pemandangan laut yang indah mengelilingi Desa Kontainer Bahari tersebut. Berbicara tentang Pulau Selam, apa yang ada dipikiran Anda?? Jika Anda berpikir Pulau Selam ini adalah pulau bagi para pecinta diving, hmm.. justru pulau ini lebih dari sekedar yang Anda bayangkan. Karena tak hanya diving, pulau ini pun memiliki kapal selam yang dirancang dengan sensor pendeteksi keberadaan ikan melalui harga PH air laut. Wiww! Super canggih kan?? Jadi bagi anda yang tidak pandai berenang dan ingin menikmati indahnya alam bawah laut, tak perlu berkecil hati ya karena Anda masih dapat menikmatinya dari balik kaca kapal selam.
Itulah beberapa gambaran dari Desa Kontainer Bahari yang harapannya dapat menjadi kabar baik yang disambut hangat oleh para warga Semarang atas terealisasikannya Desa Kontainer Bahari sebagai inovasi pariwisata di bidang kelautan Kota Semarang untuk Indonesia yang lebih baik!!! 🙌🙌🙌


Artikel ini diikutsertakan padaKompetisi Menulis Blog Inovasi Daerahku
https://www.goodnewsfromindonesia.id/competition/inovasidaerahku


Daftar Pustaka
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kota_Semarang?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C6811353515

Daftar Pustaka Gambar
Gambar
http://rumahkuminimalis.net/wp-content/uploads/2016/01/desain-rumah-box-container-yang-asri.jpg
http://obengplus.com/news/image/2014mar/03rumah-kontainer-bekas-6.jpg
http://www.batik-kontainer.com/images/RUMAH_CONTAINER/modifikasi_BATIK-KONTAINER_212.jpg
http://images.google.co.id/imgres?imgurl=http://www.58-teknik.com/images/rumah-tinggal/JUAL-BELI-MODIFIKASI-RUMAH-CONTAINER%2525208.jpg&imgrefurl=http://www.58-teknik.com/index.php/news/169-rumah-sederhana-dari-container&h=298&w=448&tbnid=gc2lL89RYfSLRM:&tbnh=84&tbnw=127&iact=rc&usg=__CJkiiGMKLdCxYEV91XnbmCS9pMg=&hl=id&ei=n6DGV5X2IZGMeMb4s5AI&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjVwaqDqevOAhURBh4KHUb8DII4cBCtAwguMAc
https://aws-dist.brta.in/brtgr-2015-01/original_640/4-rumah-kontainer-amsterdam-20207.png?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C1039566025
http://assets.kompas.com/data/photo/2011/11/16/1741273p.jpg
http://www.shnews.co/foto_berita/12300412-kumuh-8.jpg
http://mediatataruang.com/wp-content/uploads/2016/03/tambak-lorok.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar